Astagfirulloh, Kadar Bilirubin pada bayiku di angka 38!

Sebelumnya saya telah bercerita tentang anakku yang baru lahir dan terkena penyakit kuning, dan kemudian dibawa ke dokter. Begitu mendengar penjelasan dokter spesialis anak setelah diperiksa darahnya ternyata kadar bilirubinnya berada di angka yang mengejutkan yakni di angka 38 dan ini adalah angka yang sangat berbahaya bagi kesehatan si anak. Jangankan angka 38 kadar Bilirubin 15 saja si anak bisa mengalami kejang-kejang dan bahkan kelumpuhan seperti yang pernah terjadi pada bayi yang lainnya kata dokter.


Namun yang terjadi pada bayiku sepertinya tidak mengalami gejala yang mengkhawatirkan dan dokterpun merasa ada keanehan dengan kekuatan si bayi yang begitu besar. Dan saya berfikir ini adalah keajaiban dan pertolongan dari yang Maha Kuasa terhadap anakku sehingga tidak mengalami gejala yang tidak diharapkan. Kadar bilirubin yang normal menurut dokter adalah dibawah 10. Kalau kadar bilirubin diatas 10 maka harus waspada dan sebaiknya ditangani serius agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan seperti kejang-kejang dan kelumpuhan. Karena kadar bilirubin anak saya terlalu tinggi maka dokter mengharuskan perawatan lebih lanjut saat itu juga dengan cara di sinar (sinar Ultra Violet atau Sinar Biru) selama beberapa hari, paling sedikit 2 hari sampai kadar bilirubinnya mencapai angka normal yakni dibawah 10. Pada hari keempat darahnya diperiksa kembali dan Alhamdulillah kadar bilirubinnya turun menjadi 15 dan kata dokter butuh satu hari lagi untuk menurunkannya kembali. Pada hari kelima anak saya sudah bisa dibawa pulang dan kelihatannya tidak kuning lagi, namun darahnya tidak diperiksa lagi karena kata perawat sudah dipastikan kadar bilirubinnya sudah menurun. Kalau dihitung-hitung setiap harinya menurun 6 angka jadi pada hari kelima kemungkinan kadar bilirubinnya kurang lebih di angka 9.

Setelah pulang dan berada di rumah
Kenapa kadar bilirubin yang begitu tinggi tapi bayi saya kuat?
Tentunya bagi saya ini adalah sebuah pertanyaan besar dan yang jelas ini adalah kekuasaan Yang Maha Pencipta. Dan kuncinya menurut hemat saya karena si bayi minum ASI nya sangat sering sehingga daya tahannya (imun/kekebalan) sangat tinggi. Oleh karena itu bagi ibu yang baru melahirkan berikan ASI sebanyak-banyak atau sesering mungkin agar si bayi kuat (kebal terhadap penyakit).

No comments

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon maaf, komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel tidak dapat kami terbitkan. Terima kasih.