Gagal Transfer tapi uang terdebet, apa solusinya?

Bagi anda yang menggunakan jasa transfer dengan menggunakan mesin ATM harus hati2 karena bisa saja transfer gagal tapi uang kita terdebet atau berkurang tapi uangnya tidak terkirim ke penerima. Hal ini sudah pernah saya rasakan dan begitu panik karena uangnya sangat dibutuhkan pada saat itu juga sehingga harus mencari dana kembali untuk menutupinya. Ceritanya saya menyetorkan uang ke salah satu bank di dekat toko saya dan seperti biasanya saya transfer kembali ke bank lain dan ternyata pada waktu itu jaringan sedang error katanya, kata salah satu satpam bank, kemudian saya coba menggunakan ATM bank lain yang masih bersebelahan tempatnya dan saya coba kembali dan ternyata sama-sama tidak bisa melakukan transfer dan keterangannya gagal transfer sehingga tidak keluar struk. Ketika dicek lagi saldonya ternyata sudah berkurang, karena saldo sudah berkurang saya rasa uang sudah terkirim ke rekening penerima dan setelah saya cek saldo di rekening penerima tidak ada sama sekali. Kemudian saat itu juga saya komplain ke bank tempat saya menabung dan disuruh mengisi FORMULIR KELUHAN/KLAIM NASABAH. Pada Formulir itu kita masukkan nama, alamat, nomor rekening bank tempat anda menabung, dan nomor kartu atm anda. Dan isi pula KRONOLOGI KEJADIAN diisi dengan tgl kejadian, Nomor Rekening tujuan transfer, jam transfer, nama bank pemilik atm, dan nominal yang ditransfer. Setelah diisi formulirnya, untuk menunggu uang anda kembali prosesnya membutuhkan waktu 14 hari kerja.


Setelah kejadian tersebut saya sangat sock juga karena baru mengalaminya dan juga karena waktu yang dibutuhkan cukup lama. Tapi setelah 5 hari ternyata ada pemberitahuan bahwa saldo telah bertambah kembali karena uang transferan sudah dikembalikan. Setelah saya mengalami kejadian tersebut maka saya ingin memberikan tips buat teman-teman agar terhindar dari kejadian seperti ini yaitu apabila anda memakai mesin atm untuk transfer dan mengalami eror jaringan, jangan pernah mengulang-ulang atau mencoba transfer kembali, tunggu sampai jaringan/sistem normal kembali sekitar 1-2 jam kemudian, atau tanyakan terlebih dahulu ke satpam atau ke bank terdekat. Kalau anda terburu-buru untuk transfer segera, maka cobalah dengan nominal terkecil terlebih dahulu supaya kalau terjadi kegagalan uang besar anda masih aman. Demikian pengalaman dan tips dari saya semoga bisa bermanfaat untuk anda...

No comments

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon maaf, komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel tidak dapat kami terbitkan. Terima kasih.