Mengenang Masjidil Haram Sebelum Pembongkaran Tempat Tawaf

Tempat Tawaf bertingkat di masjidil haram sekarang sudah dibongkar. Tempat tawaf ini dibangun dalam rangka Perluasan Area Tawaf. Untuk mengenang Kondisi Masjidil Haram ketika sebelum tempat tawaf dibongkar saya telah mengabadikannya dengan video kamera ketika melaksanakaikan ibadah haji tahun 2015 pada bulan September.

Tampak Jembatan Mataf melingkari Ka'bah


Berikut ini Videonya:



Terlihat dari kejauhan tempat tawaf atau disebut juga Jembatan Mataf yang digunakan jamaah untuk melaksanakan tawaf. Jembatan Mataf ini dibangun sementara untuk melakukan Perluasan Area Tawaf agar bisa menampung jamaah lebih banyak lagi untuk melaksanakan tawaf. Karena semakin banyak jamaah sehingga diperlukan perluasan area agar tidak berdesak-desakan dan waktu untuk melaksanakan tawaf menjadi lebih pendek. Setelah proyek perluasan rampung dikabarkan bisa menampung jamaah hingga 170 ribu jamaah yang sebelumnya hanya 48 ribu jamaah dan waktu yang diperlukan untuk tawaf bisa 1 jam.

Sekarang Jembatan Mataf itu sudah hilang karena sudah semuanya dibongkar dan para jamaah bisa memandang ka'bah secara leluasa dari kejauhan tidak terhalang oleh Jembatan Mataf lagi dan area tawaf semakin leluasa tidak terlalu berdesakan. Ini foto area masjidil haram yang saya ambil dari channel siaran langsung Masjidil Haram pada Juni 2016:

Areal Ka'bah terkini tanpa Jembatan Mataf

Semoga dengan perluasan ini para jamaah baik jemaah haji maupun jemaah umroh bisa lebih khusyu dan lebih tenang dalam melaksanakan ibadahnya khususnya untuk ibadah tawafnya. Terimakasih

No comments

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon maaf, komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel tidak dapat kami terbitkan. Terima kasih.