Pengalamanku menuju Puncak Jabal Nur Makkah Saudi Arabia

Tempat Ziarah di Mekkah Saudi Arabia yang paling melelahkan adalah ketika ziarah ke Jabal Nur. Jabal Nur adalah bukit atau gunung yang dilalui oleh Nabi Muhammad SAW untuk menuju Gua Hira tempat bersemedinya beliau dan tempat turunnya wahyu dari Alloh SWT. Bukit ini berada sekitar 7km dari Masjidil Haram. Untuk menuju puncak jabal nur kita harus memiliki fisik dan stamina yang kuat karena medannya sangat terjal kemiringannya sekitar 60 derajat. Dan waktu yang dibutuhkan untuk menuju puncak sekitar 1.5 jam saking tingginya gunung ini. Sehingga kita harus memiliki teknik atau cara agar kita bisa sampai di tujuan.
Bukit Jabal Nur Makkah

Bukit Jabal Nur

Berdasarkan pengalamanku dulu ketika berziarah ke tempat ini pada awalnya saya ingin mengurungkan niat untuk naik ke bukit karena melihat medannya yang begitu terjal. Tapi dalam pikiranku bahwa waktu untuk berkunjung ke tempat ini begitu terbatas karena belum tentu tahun depan atau tahun berikutnya saya bisa ke tempat ini lagi. Dengan tekad yang bulat bahwa saya harus sampai menuju puncak dengan bekal air dan makanan secukupnya. Meskipun pada waktu itu saya sedang dalam keadaan kurang fit. Istri sayapun melarangnya karena takut ada apa-apa di perjalanan. 

Jabal nur pada seperempat perjalanan

    Sepertiga perjalanan sudah kulalui dan ternyata baru sepertiga saja sudah sangat lelah dan banyak diantara rekan lainnya kembali lagi ke bawah karena kecapean. Tapi tekad saya masih bulat dan harus bisa. Dengan minum dan istirahat sebentar, perjalanan saya teruskan kembali dan naik sedikit demi sedikit dan akhirnya sampai pada tempat peristirahatan pada setengah perjalanan. Ditempat istirahat ada warung, sambil istirahat kita bisa beli makanan dan minuman.

Tempat istirahat di Jabal nur
Setelah istirahat dan memiliki tenaga lagi perjalanan dilanjutkan dan sampai pada tempat istirahat yang kedua di duapertiga perjalanan. Dan kemudian lanjut kembali setelah badan terasa segar. Sebagai kenang-kenangan saya menuliskan namaku dan nama istri pada batu yang dilalui.

Dan akhirnya sampai juga di puncak Jabal Nur (foto bawah)

di puncak Jabal nur
Berikut ini video yang diambil dari Puncak Jabal Nur:


Untuk menuju Gua Hira yakni tempat bersemedi Nabi Muhammad SAW dari puncak turun lagi sedikit dan ada lubang yang hanya cukup dimasuki satu persatu. Yang ingin masuk ke Gua sangatlah banyak, semua ingin pada masuk sehingga sangat berdesakan. Karena takut terjadi apa-apa saya urungkan niat untuk masuk ke Gua karena jalan menuju lubang masuk sangat sempit dan berdesakan dan disampingnya tebing yang begitu curam. Sehingga hanya melihat saja dari kejauhan.

Lubang masuk Gua Hira
Berikut Video amatir ketika orang-orang berdesakan di depan lubang Gua Hira


Semoga pengalamanku ini menjadi bahan persiapan para jamaah yang ingin berziarah ke Jabal Nur yang mana tempat ini menjadi tempat yang paling bersejarah untuk kaum muslimin di seluaruh dunia. Terimakasih

No comments

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon maaf, komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel tidak dapat kami terbitkan. Terima kasih.