-->

Merangkai Otomatis Genset dengan Kontaktor

www.tatangsobandi.com - Merangkai Sendiri Otomatis Genset hal ini telah saya bahas pada postingan sebelumnya merangkai sendiri otomatis genset dan kelihatannya banyak sekali pertanyaan dan komentar yang saya terima tentang hal ini. Pada rangkaian otomatis genset sebelumnya saya menerapkan Relay OMRON sebagai sakelar pemindah saluran listrik dari genset ke PLN. Relay Omron ini adalah komponen utama dalam pembuatan otomatis genset. Rangkaian otomatis yang sudah saya bikin ini bisa disebut Semi Otomatis karena hanya otomatis ketika Listrik PLN hidup kembali maka secara otomatis listrik yang asalnya diambil dari genset akan otomatis ke PLN tanpa harus kita pindahkan secara manual. Tetapi ketika PLN mati maka Genset masih tetap secara manual kita hidupkan. Saya kira rangkaian semi otomatis ini meskipun masih semi otomatis tetapi sangat membantu sekali agar kita tidak harus repot mematikan genset dan harus memindahkan salurannya ke PLN kembali ketika sudah hidup. Terkadang kita tidak sadar bahwa listrik PLN sudah hidup lagi sehingga genset masih terus menyala dan jadilah pemborosan!

Rangkaian Otomatis Genset dengan Relay Omron masih memiliki kelemahan yakni hanya bisa dipakai untuk listrik yang berdaya kecil antara 450 sampai 1200 watt dan paling tinggi 2200. Untuk pemakaian listrik 2200 watt relay lumayan panas. Ketika dipakai untuk listrik yang berdaya 3500 watt Relay tidak kuat. Oleh karena itu saya mencoba merangkai dengan menggunakan kontaktor dan Alhamdulillah hasilnya lebih Joss. Dengan menggunakan kontaktor Relay tidak cepat panas sehingga tidak cepat rusak. Tapi klo listriknya masih dikisaran 450-1200 Relay Omron masih cukup kuat dan sudah terbukti oleh saya sendiri sudah 2 tahun dengan daya listrik 1200 watt belum ada kerusakan.

Rangkaian ini telah diuji coba dan sudah berjalan selama 4 bulan dengan menggunakan listrik Prabayar dengan daya 2200 Watt. Sekaligus menjawab komentator yang katanya rangkaian yang saya bikin ini tidak bisa digunakan untuk listrik Prabayar. Listrik Prabayar ataupun Pasca bayar bisa menggunakan rangkaian ini karena pada dasarnya toh sama saja. Yang perlu diperhatikan adalah masa dari PLN dan masa dari Genset harus sama jangan terbalik demikian juga masa yang ke instalasi rumah. Rangkaian otomatis dengan kontaktor ini bisa digunakan listrik dari mulai 450watt sampai dengan 6000 watt bahkan mungkin bisa lebih.

Demikian pengalaman saya dalam merangkai otomatis genset dengan kontaktor ini semoga bermanfaat untuk anda. Selamat berkreasi!

3 comments

pak tolong minta gambar rangkaianya maaf karna masih awam

Rangkaiannya disini pak,,, http://www.tatangsobandi.com/2014/01/merangkai-sendiri-otomatis-genset.html

Maff pak Untuk yang pakai relay sudah bikin saya sekarang daya listrik di rumah saya 2200 mau pake contaktor mohon minta sekema penyambungan Kabel yang pake contaktor,

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon maaf, komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel tidak dapat kami terbitkan. Terima kasih.