Cara menghindari serangan tikus

Terus terang saya dibuat pusing dengan tikus-tikus yang sering datang ke rumah dan mengacak-acak seisi rumah. Apalagi kalau banyak makanan atau sampah sudah pasti di acak-acak. Dan yang paling pusing adalah bau pesingnya itu dan juga kotorannya yang menjijikan. Berbagai perangkap tikus telah dicoba tapi belum berhasil sepenuhnya karena masih banyak sekali tikus-tikus berkeliaran. Setelah saya amati dan saya telusuri kemana perginya tikus dan jalan yang dilaluinya, saya berkesimpulan bahwa tikus masuk ke rumah karena ada jalan masuk dan fasilitas jalan yang memadai dan adanya makanan dan tempat yang kotor. 


Oleh karena itu trik untuk menghindari serangan tikus adalah:
  • Jangan ada lubang masuk, tutup semua lubang yang akan dijadikan masuknya tikus ke rumah kita. Kloset jongkok juga suka dijadikan tempat masuk sehingga harus ditutup. Dan juga melalui saluran pembuangan air harus ada saringan penutup.
  • Jangan ada fasilitas jalan untuk dilalui oleh tikus, seperti contoh ketika saya amati perginya tikus padahal dinding rumah pakai keramik sehingga tidak mungkin tikus merayap dinding keramik dan ternyata dia jalan melalui kabel yang terhubung dari bawah ke atas yang nempel pada dinding. Jadi janganlah ada kabel atau apapun sebagai jalannya tikus.
  • Jangan ada makanan yang terbuka atau berserakan tanpa memakai tutup, karena tikus akan senang dengan makanan yang berserakan. Jadi simpanlah makanan pada tempat yang tertutup rapat.
  • Jangan simpan sampah di dalam rumah karena tikus sangat suka dengan sampah. Letakanlah sampah diluar rumah. Apabila disimpan didalam rumah harus benar-benar tertutup rapat.
  • Biasakan hidup bersih karena tikus suka dengan tempat yang kotor. Rapikan barang-barang jangan sampai berserakan.
 5 poin tersebut harus benar-benar diperhatikan agar anda terhindar dari serangan tikus yang menjengkelkan. Apalagi tikus merupakan binatang yang kotor sehingga rawan membawa penyakit, jadi kita harus benar-benar memperhatikannya agar terhindar dari serangan tikus ke rumah kita.

Demikian cara menghindari serangan tikus berdasarkan pengalaman saya dan Alhamdulillah serangan tikus lumayan berkurang meskipun masih ada saja tikus yang datang tapi tidak bergerombol seperti sebelumnya. Terimakasih semoga tips ini bermanfaat untuk anda.

No comments

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon maaf, komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel tidak dapat kami terbitkan. Terima kasih.