-->

Harga Bocoran Kunci Jawaban UN tembus 14juta!

kemdikbud.go.id
Ujian Nasional kini sedang berlangsung dan informasi mengenai bocoran kunci jawaban UN semakin kencang seperti yang diberitakan oleh beberapa media online yang diberitakan harganya bisa tembus angka 14 juta (baca: wuih-bocoran-kunci-jawaban-un-tembus-harga-rp14-juta ). Ada juga yang lebih murah lagi yang ditawarkan oleh oknum guru ( baca: kunci-jawaban-un-dibanderol-rp7-juta ). Harga kunci jawaban un ini meningkat 2 kali lipat dibanding tahun lalu dikarenakan UN dijadikan multiparameter, yakni pemetaan, penentuan kualitas sekolah, dan tiket masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Setelah banyak diberitakan mengenai bocoran kunci jawaban ini saya jadi ikut prihatin karena kalau memang benar kunci jawaban un ternyata bisa didapatkan dengan cara membelinya maka bisa dipastikan siswa akan malas dalam belajar. Namun kita jangan terjebak oleh berita yang belum tentu benar sehingga menjadi suatu kerugian bagi yang benar-benar mempercayai isu tersebut karena bisa jadi kunci jawaban tersebut hanyalah sebuah akal-akalan si pembuat kunci jawaban untuk mengeruk keuntungan dari pelaksanaan ujian nasional ini seperti yang dijelaskan oleh mendikbud Muhamad Nuh (baca: mendikbud-bocoran-kunci-jawaban-un-hanya-jualan-abcd ).

Saya sebagai anggota masyarakat yang peduli terhadap dunia pendidikan di negeri ini cuma bisa memberikan pesan agar kita senantiasa untuk berbuat jujur jangan pernah mencoba untuk menipu diri sendiri dengan membeli kunci jawaban yang mana kebenarannya belum bisa dipastikan.

No comments

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon maaf, komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel tidak dapat kami terbitkan. Terima kasih.