-->

Membuat Solder dari Trafo Bekas


Bagi anda yang hobi elektronika tentunya tidak jauh dengan alat yang namanya solder, karena solder merupakan alat utama dalam pembuatan rangkaian elektronika. Solder dibuat dari elemen pemanas yang disalurkan ke batang besi untuk memanaskan timah. Kelemahan dari solder yang memakai elemn pemanas ini adalah harus menunggu panas dulu agar timah bisa meleleh. Kali ini ada alternatif lain pembuatan solder dari gulungan trafo bekas. Hasilnya cukup memuaskan dan berbeda dengan solder biasa karena solder ini begitu dialiri listrik bisa langsung dipakai untuk melelehkan timah. Bahannya hanya sebuah trafo dan sakelar untuk on-off nya. 
Caranya: 
  1. Cari trafo bekas apa saja minimal 350mA
  2. Buka inti besinya sehingga memudahkan mengganti gulungannya.
  3. Lepas/buka gulungan sekundernya untuk kemudian diganti dengan gulungan baru dengan diameter kawat yang lebih besar.
  4. Pasangkan kembali rumah besinya.
  5. Sambungkan ujung gulungan sekunder dengan kawat baja dan ujungnya disudutkan untuk ujung soldernya.
  6. Gunakan sakelar sebagai on-off nya agar hemat listrik, karena solder ini bisa langsung panas ketika sakelar di on kan.
Berikut ini video pembuatan solder dari trafo bekas:


Demikian cara membuat solder dari trafo bekas ini, caranya begitu mudah dan sangat bermanfaat untuk anda yang hobi elektronika. Terimakasih, selamat berkreasi!

1 comment

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon maaf, komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel tidak dapat kami terbitkan. Terima kasih.