-->

Persiapan Perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus

Perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus sebentar lagi akan kita rayakan. Ini momen penting yang harus kita manfaatkan agar tidak terlewatkan. Kita sebagai warna negara Indonesia ini harus cinta dan berbahagia karena saat ini kita telah hidup di negara yang merdeka. Oleh karena itu kita harus bersyukur kepada Sang Pencipta dan juga kepada para pejuang kita yang telah bersusah payah memperjuangkan kemerdekaan ini sampai titik darah penghabisan. Kita sebagai generasi penerus harus mempertahankannya dan berbuat sebaik-baiknya demi kejayaan dan kemajuan bangsa ini.

Sebelum perayaan atau menjelang perayaan biasanya orang-orang telah disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Perayaan misalnya Pengumpulan Dana, pembuatan umbul-umbul, pemasangan bendera, menghias gapura, menyiapkan lahan untuk berbagai pertandingan, menyiapkan panitia dan anggota panitia dan lain sebagainya demi terwujudnya Perayaan Hari Kemerdekaan yang sukses. Umumnya kegiatan perayaan ini dilakukan dilakukan di tingkat RT atau RW. Agar kegiatan perayaan berjalan lancar maka yang harus diperhatikan langkah persiapannya.


Berikut ini tahapan persiapan menjelang perayaan:
Pembuatan Panitia
Panitia atau pelaksana harus dibuat terlebih dahulu agar proses kegiatan perayaan berjalan lancar sesuai dengan rencana. Biasanya ketua RT atau RW mengumpulkan masyarakat atau tokoh pemuda untuk membagi tugas sebagai pelaksana kegiatan diantaranya Ketua Pelaksana, Bendahara, bagian pengumpul dana, bagian yang mempersiapkan pertandingan dan alat pertandingan dll.

Pengumpulan Dana
Untuk merencanakan pengumpulan dana tentunya kita harus mengetahui dulu dana yang harus dipersiapkan untuk melaksanakan kegiatan perayaan, tentunya hal ini harus diperhitungkan secara matang agar pada pelaksanaannya tidak kekurangan jangan sampai harus meminta dana lagi ke masyarakat. Jumlah dana yang harus terkumpul disesuaikan dengan jumlah kegiatan dan pertandingan apa saja yang akan diselenggarakan. .

Menghias Gapura
Gapura atau jalan menuju perkampungan atau perumahan biasanya suka dihias dan dipercantik dengan berbagai asesoris seperti bendera, dicat,patung pejuang, patung garuda dan sebagainya.

Menyediakan Alat Pertandingan
Perayaan 17 Agustus biasanya dimeriahkan dengan berbagai pertandingan misalnya Pertandingan Sepak Bola, Catur, Balap karung, balap bakiak, tarik tambang, balap sendok, lomba makan kerupuk, panjat pinang, masukin jarum ke botol, berjalan pakai jelangkung dan pertandingan-pertandingan lainnya yang menghibur.

Menyediakan Asesoris dan hadiah
Asesoris yang harus disediakan tentunya adalah Bendera dan sebagai pelengkapnya misalkan umbul-umbul, spanduk, cat dll. Untuk Hadiah diantaranya adalah hadiah uang tunai, alat elektronik, piagam dll.

Membuat Panggung Acara
Setelah selesai mengadakan acara dengan berbagai pertandingan biasanya ada panggung untuk mengadakan syukuran dan pemberian hadiah-hadiah dan penghargaan. Dan juga sambutan dari tokoh masyarakat setempat atau ketua panitia.

Demikian langkah persiapan perayaan 17 Agustus yang sudah biasa dilakukan setiap tahun demi mengingat kembali perjuangan para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan ini dengan susah payah. Dan kita sebagai generasi penerus harus mengisi kemerdekaan ini dan mempertahankannya dengan berbagai hal positif yang bisa bermanfaat untuk bangsa dan negara.

No comments

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon maaf, komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel tidak dapat kami terbitkan. Terima kasih.