-->

Serunya perlombaan Panjat Pinang

Untuk Merayakan Hari Kemerdekaan biasanya dimeriahkan dengan berbagai perlombaan di tingkat RT atau RW setempat. Perlombaan yang sangat menghibur salah satunya yaitu lomba Panjat Pinang. Panjat Pinang merupakan perlombaan yang sudah turun temurun dan rutin selalu diadakan setiap tahun pada perayaan 17 Agustusan. Perlombaan panjat pinang ini tidak hanya dilakukan oleh anak-anak, namun orang dewasapun banyak yang mengikutinya. Hadiah yang diberikan telah menanti diatas pohon dengan berbagai hadiah yang menggantung. Bagi yang melihatnya sangat terhibur karena begitu susahnya menaiki pohon pinang yang telah dilumuri dengan minyak oli sehingga orang yang menaikinya balik lagi-balik lagi dan badan yang sangat kotor karena oli dan injakan teman-temannya yang akan naik keatas. Banyak diantara mereka kelelahan karena sudah naik berkali-kali tapi belum berhasil sampai di puncak. 


Hadiah-hadiah yang disediakan sangat beragam ada perabotan rumah, makanan, minuman, alat elektronik dan ada juga yang menyediakan sepeda. Meskipun pesertanya lelah namun mereka cukup terhibur apalagi hadiahnya sudah bisa didapatkan dan yang pasti bisa diperoleh setelah pohon pinangnya sudah bersih dari oli. Perlombaan ini mendidik kebersamaan antar sesama karena tanpa kebersamaan mungkin akan sulit dan lama mendapatkan hadiahnya. Dengan membentuk barisan menumpuk diatas pundak teman-temannya sehingga pohon bisa dibersihkan sampai pada ujung dan akhirnya sampai pada puncak hadiah. Disitulah mereka akan merasakan kegembiraan karena pekerjaan yang melelahkan telah selesai dan kelelahanpun  menjadi hilang setelah tujuan tercapai.

Perlombaan panjat pinang ini menyadarkan kita akan butuhnya kebersamaan karena tanpa kebersamaan tujuan yang akan dicapai akan sulit dan membutuhkan waktu lama. Selain itu perlombaan panjat pinang ini yang selalu diadakan pada perayaan hari kemerdekaan adalah sebagai simbol perjuangan para pahlawan yang berjuang bersama-sama demi tercapainya kemerdekaan. Salam Merdeka!

No comments

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon maaf, komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel tidak dapat kami terbitkan. Terima kasih.